, Jakarta - Pejabat pengganti sementara Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) Kementerian Agama, Muchlis M. Hanafi mengatakan, kata "awliya" yang tertuang dalam Al-Quran Surat Almaidah Ayat 51 diterjemahkan sebagai "pemimpin", bukan "teman setia". Hal ini ditegaskan Muchlis menanggapi beredarnya postingan di media sosial tentang terjemahan kata "awliya" pada Surat Al-Maidah Ayat 51 yang disebutkan telah berganti dari 'pemimpin' menjadi 'teman setia'.

Postingan itu menyertakan foto halaman terjemahan�Al-Quran Surat Almaidah Ayat 51dengan keterangan yang menyebutnya sebagai 'Al-Quran Palsu'. Menurut Muchlis, terjemahan "pemimpin" dalam Al-Quran tersebut merujuk pada edisi revisi 2002 Terjemahan Al Quran Kementerian Agama yang telah mendapat tanda tashih dari LPMQ. "Tidak benar kabar yang menyatakan bahwa telah terjadi pengeditan terjemahan Al-Quran belakangan ini," ujar Muhclis, Minggu, 23 Oktober 2016.

Baca Juga
Merasa Difitnah Soal Al-Maidah, Penerbit Ini Lapor Polisi

Minta Ahok Ditangkap, Ribuan Massa Berunjuk Rasa di Padang

Tuduhan bahwa pengeditan dilakukan atas instruksi Kementerian Agama, kata Muchlis,� juga tidak berdasar. Menurut Muchlis, kata awliya di dalam Al-Quran disebutkan sebanyak 42 kali dan diterjemahkan beragam sesuai konteksnya. Merujuk pada Terjemahan Al-Quran Kementerian Agama edisi revisi 1998-2002, pada Surat Ali Imran 3: 28, QS. An-Nisa 4: 139 dan 144 serta QS. Al-Maidah 5: 57, misalnya, kata awliya diterjemahkan dengan pemimpin.

Sedangkan pada QS. Al-Maidah 5: 51 dan QS. Al-Mumtahanah 60: 1 diartikan dengan teman setia. Adapun pada QS. Al-Taubah 9: 23 dimaknai dengan pelindung, dan pada QS. An-Nisa 4: 89 diterjemahkan dengan teman-teman. Muchlis menambahkan, terjemahan Al-Quran Kementerian Agama pertama kali terbit pada 1965. Pada perkembangannya, terjemahan ini telah mengalami dua kali proses perbaikan dan penyempurnaan, yaitu pada 1989-1990 dan 1998-2002.

Simak Pula
Agus Membuat Heboh Pengunjung Pasar Koja
Di Bawah Guyuran Hujan, Ahok Ikut Buka Jakarta Marathon

Selanjutnya: Proses perbaikan dan penyempurnaan itu...