Ribut Harga Bitcoin Anjlok: 9 Altcoin Ikut Turun, Faktor Bitcoin ETF atau Khawatir Keamanan?


Harga sembilan dari sepuluh mata uang digital atau cryptocurrency mengalami penurunan antara tiga persen hingga 12 persen dalam 24 jam terakhir. Rabu waktu setempat atau Kamis waktu Indonesia, harga Bitcoin turun lebih dariUS $ 100, atau setara kehilangan enam persen dengan Ethereum mencatat kerugian yang sama. Sedangkan Monero ambruk 10 persen. Hanya Ripple membukukan kenaikan 6,5 persen sekaligus melawan tren penurunan.

Penurunan harga yang meluas itu muncul menjelang keputusan terhadap Bitcoin ETF oleh otoritas bursa saham (Securities and Exchange Commission) Amerika Serikat pada Jumat, 11 Maret 2017. Para pedagang menjual Bitcoinnya untuk mencegah kerugian yang ditimbulkan oleh kemungkinan penolakan terhadap investor Bitcoin, yang jika disetujui, akan menjadi perusahaan pertama mencatatkan dirinya di bursa saham.




 Selain itu, pada Selasa, laman pembocor dokumen rahasia Wikileaks menerbitkan volume pertama dari proyek data massal terkait praktik mata-mata AS, yang diduga menyadap perangkat elektronik konsumen seperti smartphone di seluruh dunia. Meski sulit disebut sebagai penyebab kemerosotan yang mendadak itu, berita tentang kerentanan perangkat konsumen juga mengancam akses dana cryptocurrency dalam perangkat tersebut.

Sebelum berita kebocoran merebak, John McAfee, programmer dan investor, sudah memperingatkan pada konferensi Blockchain di London, November 2016, bahwa password dompet mata uang digital bisa diretas dalam “lima menit”. “Ini untuk pemilik ratusan ribu dolar di dompet smartphone. Saya beritahukan, ‘Jika Anda memberi saya nomor telepon, dalam lima menit saya akan mentransfer semua Bitcoin Anda ke rekening saya’.”

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama